Kamis, 07 September 2017

Mengenal Tampilan Web Browser - Mozilla Firefox

Mozilla Firefox? Siapa sih yang tidak tahu? Web Browser yang didirikan tahun 2002 ini merupakan salah satu web browser yang paling sering digunakan. Nah sebagai salah satu pengguna kali ini saya akan memposting artikel tentang tampilan dan menu yang ada di Mozilla Firefox. Check it out!



Mengenal elemen Mozilla Firefox 



Secara umum jendela Mozilla Firefox terdiri dari empat bagian, yaitu 
:
·         Menu Bar

Merupakan bagian utama dari Mozilla Firefox yang berisi perintah-perintah yang terbagi dalam menu-menu utama dan sub menu di dalam menu-menu tersebut.

·         Navigation Toolbar



Merupakan ikon-ikon standar yang akan memandu kita dalam menjelajahi internet.

Ikon Fungsi / Toolbar Browser
 
Kembali ke halaman sebelumnya yang telah diakses.  
 


Menuju ke halaman berikutnya (jika sebelumnya telah mengklik back botton).

 


Mengulang kembali proses penampilan halaman yang sedang diakses (refresh).

 


Menghentikan proses loading halaman yang sedang diakses.
 


Menuju ke halaman awal Mozilla Firefox.
 

·        

                   Address bar


Merupakan tempat untuk mengetikkan alamat dari website yang ingin kita kunjungi.

Misalnya anda mau mengunjungi situs yahoo, maka klik pada kolom berwarna putih pada address bar dan ketikkan alamat situs yahoo yaitu www.yahoo.com. Setelah itu klik ikon atau tekan “Enter” pada keyboard.


·         Status Bar

Berfungsi untuk menampilkan aktifitas yang sedang kita lakukan seperti menampilkan proses loading halaman, atau menampilkan alamat-alamat dari hyperlink yang sedang kita sorot dengan cursor.

Window dan Tab



Window atau jendela merupakan tempat untuk menampilkan sebuah halaman. Jika kita membuka Mozilla Firefox, maka kita akan langsung melihat jendela tampilan (di atas merupakan tampilan window yang masih kosong karena kita membuka halaman kosong). 

Tab merupakan bagian dari window untuk menyederhanakan tatanan dari halaman-halaman web yang kita buka agar bisa lebih teratur.
Jadi tab adalah window yang berada di dalam window. Dalam satu window bisa terdapat satu atau banyak window yang dinamakan tab.

Untuk membuka jendela baru, klik “File” pada menu bar dan klik “New Window” atau tekan “Ctrl+N” pada keyboard.

Untuk membuka halaman web pada jendela yang sama dengan menggunakan tab, klik “File” pada menu bar dan klik “New Tab” atau dengan menekan “Ctrl+T”
pada keyboard.

Lebih Detail dengan menu yang ada di Mozilla Firefox

Untuk browser Mozilla Firefox, ketika teman teman membukanya akan didapatkan menu yang terdapat dalam menu bar sebagai berikut.: File, Edit, View, History, Bookmarks, Tool, dan Help. Setiap menu memiliki menu-menu lagi di dalamnya.
 
MENU BROWSER 
 
 
A. Menu file
 
 

Berikut menu yang terdapat di menu file antara lain : New Windows, New Tab, Open Location, Open File, Close, Save Page As, Save Frame As, Send Link, Page Set Up, Print Preview, Print, Import, Work Offline, dan Exit.

B. Menu Edit


Menu yang terdapat dalam menu Edit : Undo, Redo, Cut, Copy, Paste, Delete, Select All, Find in this page, dan Find Again.

C.Menu View


Menu yang terdapat di menu View antara lain : Toolbar, Status Bar, Sidebar, Sop, Reload, Text Size, Page Style, Character Encoding, Page Source, dan Full Screen.

D.Menu History



Menu yang terdapat di menu History antara lain : Back, Forward, Recently Closed Tabs, dan Show in side bar.

E.Menu Bookmarks




Menu yang terdapat di menu Bookmarks antara lain : Bookmark this page, Subcribe to this page, Bookmark All Tabs, Organize Bookmarks, Get Bookmarks Adds-On, dan Bookmark Toolbar Folder.  

F.Menu Tools



Menu yang terdapat pada menu Tools antara lain : Web Search, Downloads, Adds-on, Error Console, Page Info, Clear Private Data, dan Option.  

G.Menu Help



Menu yang terdapat dalam menu Help antara lain : Helps Contents, For Internet Explorer Users, Release Note, Report Broken Website, Report Web Forgery, dan Check For Update.
 
 

dan 


Saya hanya mengedit ulang yaa^^

 


1 komentar: